Jumat, 05 Oktober 2012

Basel 1



Basel 1 adalah suatu istilah yang merujuk pada serangkaian kebijakan bank sentral dari seluruh dunia yang diterbitkan oleh komite basel pada tahun 1988 di basel.
Swiss sebagai suatu himpunan persyaratan minimum modal untuk bank, Rekomendasi ini dikukuhkan dalam bentuk aturan oleh negara-negara Group of Ten (G10) pada tahun 1992, Basel I secara umum telah ditinggalkan dan digantikan oleh himpunan pedoman yang lebih komprehensif.Basel 1 di gunakan sebagai standar modal minimum untuk sebuah bank dengan memperhitungkan resiko pemberian kredit.
Komite ini dibentuk sebagai tanggapan terhadap likuidasi berantakan dari Cologne berbasis bank (Herstatt Bank ) pada tahun 1974. Pada tanggal 26 Juni 1974, sejumlah bank telah merilis Deutsche Mark (Jerman Markus) ke Bank Herstatt dalam pertukaran untuk pembayaran diserahkan dolar di New York . Pada rekening perbedaan zona waktu , ada lag dalam pembayaran dolar ke counter pihak bank, dan selama kesenjangan ini, dan sebelum pembayaran dolar bisa dilakukan di New York, Bank Herstatt dibubarkan oleh regulator Jerman.
Insiden ini mendorong G-10 negara untuk membentuk menjelang akhir 1974, Komite Basel pada Pengawasan Perbankan, di bawah naungan Bank of International Settlements (BIS) yang terletak di Basel , Swiss .
Basel I yang di bentuk pada tahun 1988 disebut Basel Accord, dalam hal ini difokuskan pada risiko kredit . Aset bank diklasifikasikan dan dikelompokkan dalam lima kategori menurut risiko kredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar