tujuan manajemen piutang ialah: mengendalikan jumlah piutang, pemberian dan pengumpulan piutang serta mengevaluasi terhadap kebijaksanaan kredit yang dijalankan perusahaan sehingga dana yang tertanam dalam piutang itu efisien dan efektif.
faktor-faktor yang mempengaruhi investasi dalam piutang yaitu:
- standar kredit (kredit standar) : menghubungkan biaya kredit marjinal dengan laba marjinal atas penjualan yang belum bertambah.
- resiko kredit (credit risk) untuk mengevaluasinya diliat dari 5c :
- character
- capacity
- capital
- collateral
- conditions
- persyaratan kredit (credit terms) : starat pembayaran mencakup lamanya jangka waktu jatuh tempo dan potongan yang diberikan .
- kebijakan dan prosedur penagihan : perusahaan menetapkan kebijakan penagihan secara keseluruhan dengan menggunakan kombinasi dari semua prosedur penagihan yang dijalankannya .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar