Kamis, 25 November 2010

Tujuan manajemen piutang

tujuan manajemen piutang ialah: mengendalikan jumlah piutang, pemberian dan pengumpulan piutang serta mengevaluasi terhadap kebijaksanaan kredit yang dijalankan perusahaan sehingga dana yang tertanam dalam piutang itu efisien dan efektif.
  
faktor-faktor yang mempengaruhi investasi dalam piutang yaitu:

- standar kredit (kredit standar) : menghubungkan biaya kredit marjinal dengan laba marjinal atas penjualan yang belum bertambah.

- resiko kredit (credit risk) untuk mengevaluasinya diliat dari 5c :
       - character
       - capacity
       - capital
       - collateral
       - conditions

- persyaratan kredit (credit terms) : starat pembayaran mencakup lamanya jangka waktu jatuh tempo dan potongan yang diberikan .

- kebijakan dan prosedur penagihan : perusahaan menetapkan kebijakan penagihan secara keseluruhan dengan menggunakan kombinasi dari semua prosedur penagihan yang dijalankannya . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar